Kamis, 07 Januari 2010

Individu

Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Kepribadian Individu

Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, mereka pasti membutuhkan bantuan dari manusia lainnya, dikarenakan manusia tidak ada yang sempurna, adi setiap manusia harus hidup berdampingan, agar dapat menutupi kekurangan dari masing-masing orang, dari sekian banyaknya orang, ada yang kita sebut sebagai individu. Individu dapat dikatakan seorang manusia, bukan sebuah kelompok atau kumpulan orang-orang, jad setiap individu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang dapat mereka pergunakan untuk menjalani kehidupan.

Dari setiap individu tersebut pasti memiliki kepribadiannya masing-masing, dan ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kepribadian seorang individu, yaitu keluarga dan masyarakat sekitarnya. Peranan yang dapat dengan mudah mempengaruhi kepribadian seseorang adalah peran keluarga, karena hampir setiap individu mengawali kehidupannya ditengah-tengah sebuah keluarga. Dari setiap hal yang didapatkan di dalam keluarga, seorang individu dapat tebentuk kepribadiannya baik itu menjadi baik ataupun sebaliknya.

Faktor lain yang dapat menyebabkan terbentuknya kepribadian setiap individu adalah ketika individu terjun ke masyarakat, misalnya ditempat individu tersebut bekerja ataupun bermain. Karena ketika didalam keluarga, terdapat sosialisasi yang tidak sempurna didalam keluarga, maka dapat dengan mudah kepribadiannya berubah ketika individu tersebut terjun ke masyarakat.

Ketika individu berada didalam keluarga ataupun didalam masyarakat individu dapat meniru kepribadian-kepribadian orang lain. Akan tetapi setiap individu dapat juga memiliki karakter pribadi atau kepribadian sendiri, jadi walaupun individu tersebut berada dalam keluarga ataupun masyarakat, kepribadiannya tetap tidak terpengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar